Kamis, 17 Maret 2016

Tips Menonton Film Horor

Ide untuk menulis artikel ini berawal dari hobi saya yaitu menonton film khususnya horor. Tapi sebelum memutuskan untuk membacanya sampai selesai, perlu diketahui bahwa tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang juga mempunyai hobi menonton film, namun hanya melalui laptop. Sehingga tips-tips yang saya paparkan di artikel ini tidak dapat diaplikasikan saat teman-teman menonton di bioskop.
Saya yang merasa bukan tipe orang yang rajin nge-mall lebih sering menonton film di kamar sendirian. FYI terakhir saya masuk mall untuk menonton fim di bioskop yaitu saat heboh-hebohnya film Annabelle, yang ternyata tidak seseram sequel sebelumnya. Dari situ timbul rasa kecewa sehingga saya lebih suka menonton film melalui laptop selain alasan karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hehehe.
Film horor yang notabene memiliki alur cerita menakutkan tidak membuat saya dan penggemar film horor lainnya untuk enggan menonton film ini. Seiring berjalannya waktu sebagai penikmat film horor, saya memiliki tips yang bisa digunakan teman-teman untuk mengurangi rasa takut ketika menonton film horor. Apa saja tips-tipsnya?
  • Jangan menonton sendirian
Saya teringat ketika masih SMA dan guru yang bersangkutan tidak hadir, saya dan teman-teman sekelas biasanya memutuskan untuk menonton film horor bersama. Beberapa dari teman yang sedang menonton film ada juga yang sibuk berkomentar tentang adegan di film sehingga membuat suasana ramai. Saya kemudian membandingkan dengan suasana ketika saya menonton film horor di rumah sendirian. Saya kemudian sadar, salah satu cara untuk mengurangi rasa takut ketika menonton film horor adalah untuk tidak memontonnya sendirian.
  •  Jangan menonton terlalu malam
Saya pernah memiliki pengalaman unik menonton film horor terlalu malam. Saat itu waktu menunjukkan pukul 23:00 WIB. Ketika itu saya menjawab tantangan dari teman untuk menonton film Evil Dead. Selain menyeramkan, ternyata dalam film tersebut juga banyak sekali menampilkan adegan yang menjijikkan (bukan porno). Selama menonton film terasa menakutkan karena hanya saya sendirian yang belum tidur. Semenjak saat itu saya sangat menghindari menonton film terlalu malam karena setelah menonton juga dapat menimbulkan susah tidur karena masih terbayang-bayang adegan menakutkan yang baru saja ditonton.
  •  Jarak menonton 1 kaki
Untuk merasa nyaman ketika menonton film melalui laptop, saya biasanya menggunakan meja kecil sebagai alas agar monitor dan mata sejajar. Setelah meletakkan laptop di atas meja, geser meja sejauh kaki kita (dalam posisi selonjor). Menonton film horor dengan cara tersebut dapat mengurangi rasa takut ketika adegan horor karena kita menontonnya tidak dalam jarak dekat.
  •  Sedia camilan
Memakan makanan kecil ketika menonton film horor dapat mengurangi konsentrasi sehingga kita tidak terlalu fokus dengan yang terjadi di film. Selain mengenyangkan, hal itu dapat mengurangi rasa takut ketika menonton film horor.
  •  Sedia boneka
Tips selanjutnya untuk mengurangi rasa takut ketika menonton film horor adalah dengan sedia boneka. Dengan adanya boneka, rasa takut kita dapat terlampiaskan ke boneka. Kita bisa memeluknya erat-erat, mencengkeram, bahkan menggigitnya sembari menahan nafat ketika adegan menakutkan sedang terjadi. Dengan menggigit boneka kita juga dapat menahan diri dari berteriak.

Demikianlah tips-tips absurd menonton film horor dari saya. Semoga tips tersebut bisa berguna untuk teman-teman yang akan menonton film horor. Tips yang terakhir dari saya adalah jangan lupa banyak-banyak istighfar yaaa pas lagi nonton heuheu.

Tidak ada komentar: